Sabtu, 02 Agustus 2014

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (2)

2. Alat Reproduksi Wanita

ket :
1. lubang/mulut vagina
2. saluran vagina
3. Ovarium/indung telur
4. Tuba Fallopi/Oviduk
5. Rahim/Uterus








Sistem Reproduksi wanita terdiri dari 4(empat) bagian utama yaitu
 1. Ovarium / Indung Telur ; berjumlah sepasang, memiliki fungsi untuk :
a). sebagai tempat pembentukan sel telur (ovum)                                                                                       b) tempat memproduksi hormon estrogen dan progesteron
Proses pembentukan dan pematangan sel telur(ovum) terjadi sekali dalam satu  bulan. Ketika sel telur telah matang, maka akan dikeluarkan oleh ovarium untuk memasuki tuba fallopi. Peristiwa pelepasan sel telur yang telah matang oleh ovarium disebut Ovulasi.
2. Saluran Telur (Tuba Fallopi / Oviduk                                                                                            Berjumlah sepasang dengan panjang sekitar 12 cm, pada bagian pangkalnya berbentuk seperti corong yang berjumbai (infundibulum).Tuba Fallopi berfungsi sebagai tempat terjadi proses Fertilisasi /pembuaha
3. Uterus /Rahim               
 adalah Organ yang dipersiapkan sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya embrio sampai menjadi janin (bayi) yang siap untuk dilahirkan. Rahim berbentukseperti kantong yang berlapis-lapis, terdiri dari 3 lapisan yaitu : lapisan luar(serosa), lapisan tengah (myometrium) dan lapisan dalam (endometrium).
Seiring proses pematangan sel telur, dinding rahim bagian dalam akan menebal dilapisi oleh jaringan darah, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan proses Implantasi (proses pelekatan zigot pada dinding rahim), jika sel telur sudah di buahi oleh sperma. Apabila proses pembuahan/fertilisasi tidak terjadi maka tidak akan terbentuk zigot dan proses imploantasi tidak terjadi, sebagai akibatnya maka dinding rahim yang berisi lapisan darah akan mengalami peluruhan(dikeluarkan dari dalam rahim), proses ini disebut Menstruasi.
Menstruasi terjadi secara periodik yaitu sekali dalam 28 hari ( 1 bulan). 
4. Vagina                           
 Merupakan alat Kopulasi Wanita, Jalan keluarnya janin ketika dilahirkan, dan sebagai tempat keluarnya darah menstruasi.

Proses Pembentukan Sel Kelamin (Gametogenesis)
Meliputi : a. Proses pembentukan sperma (Spermatogenesis)
               b. Proses Pembentukan sel telur (Oogenesis)
Proses terbentuknya sel sperma dan sel telur berbeda dari sel-sel lain di dalam tubuh manusia. Sel tersebut  terbentuk melalui pembelahan secara meiosis ( lihat gambar ), setiap sel membelah sebanyak dua kali berturut -turut sehingga menghasilkan empat sel anakan. Satu spermatosit  akan menghasilkan empat sel sperma matang, sedangkan satu oosit akan menghasilkan satu ovum.

A. Bagan Proses Pembentukan sperma (Spermatogenesis)

B. Bagan Proses Pembentukan Ovum/sel telur (Oogenesis)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar